Miris, Imigran Rohingya Terlantar di Aceh Utara

Para imigran muslim Rohingya tidur di lantai dengan alas seadanya dan tanpa tempat berteduh dari hujan dan panas di lokasi kantor BPBD Aceh Utara setelah ditolak oleh warga di sekitar tempat penampungan sementara. (Dok Ist)

Aceh Utara | Acehcorner.com – Bak jatuh tertimpa tangga, di negeri sendiri dibantai, di negeri lain pun terbengkalai, begitulah ungkapan yang menggambarkan nasip sebanyak 111 Rohingya asal Myanmar yang saat ini terkatung-katung di Kabupaten Aceh Utara. Sebelumnya, mereka sempat ditampung sementara di Kantor Camat Muara Batu, Aceh Utara.

Lalu, masyarakat menolak dan terpaksa dipindahkan dari Kantor Camat Muara Batu, Aceh Utara ke Kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe, Jumat (25/11/2022) malam. Mereka diangkut tiga truk dibawa ke Kantor Bupati Aceh Utara seterusnya ke Kantor Imigrasi Lhokseumawe.

Setelah itu, masyarakat lokal di dekat kantor Imigrasi Lhokseumawe melakukan penolakan. Maka, kembali dibawa ke Kantor Bupati Aceh Utara.

“Sebenarnya sudah jelas posisinya lewat rapat pimpinan daerah, bahwa mereka ditempatkan di Eks Gedung Imigrasi Lhokseumawe di Punteut, Kota Lhokseumawe, tapi karena ada penolakan oleh masyarakat di sekitar lokasi tersebut maka saat ini mereka ditempatkan sementara di kompleks Kantor BPBD Aceh Utara, depan kantor bupati.” kata Kepala Hubungan Masyarakat, Kabupaten Aceh Utara, Hamdani, Jum’at (25/11/2022).

Hamdani mengakui, bahwa surat resmi dari Kemenko Polhukam ke IOM, UNCHR, Imigrasi dan Pemerintah Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara soal penempatan Rohingnya itu sudah keluar hari ini. Dia menyatakan, segera setelah penempatan itu maka Rohingnya akan dibawa dari Kantor BPBD Aceh Utara ke Eks Gedung Imigrasi Kota Lhokseumawe.

“Akan segera kita pindahkan ke lokasi yang sudah ditunjuk, sesuai perintah Kemenko Polhukam,” ungkap Hamdani.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 111 Rohingnya mendarat di Kecamatan Muara Batu, dan 119 Rohingnya mendarat di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara dua pekan lalu. (DA)


0 Komentar

https://www.olg.link/