Kordinator TPP P3MD Provinsi Aceh, Jadi Narasumber Acara di Kabupaten Aceh Singkil

Tim Bappeda Aceh dan Kordinator TPP P3MD Provinsi Aceh Zulfahmi Hasan didampingi Kepala Bappeda Singkil Ahmad Rivai  saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Singkil
 

Acehcorner.com - Tim Bappeda Aceh dan Kordinator TPP P3MD Provinsi Aceh Zulfahmi Hasan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Singkil dalam kegiatan pemantauan pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM)  tahun 2022, Rabu (18/05/2022)

Dalam kegiatan sosialisai pemutakhiran IDM di kantor Bappeda Kabupaten Aceh Singkil, Zulfahmi Hasan menegaskan bahwa IDM digunakan untuk memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa.

"Indeks Desa Membangun merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan" terang Zulfahmi.

Perangkat  indikator  yang dikembangkan  dalam  Indeks  Desa  Membangun  dikembangkan  berdasarkan konsepsi  bahwa  untuk  menuju  Desa  maju  dan  mandiri  perlu  kerangka  kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan  kehidupan  Desa.

Kebijakan  dan  aktivitas  pembangunan  dan pemberdayaan masyarakat Desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan  mengelola  potensi  sumber  daya  alam  secara  baik  dan  berkelanjutan. Dalam konteks ini ketahanan sosial, ekonomi, dan ekologi bekerja sebagai dimensi yang  memperkuat  gerak  proses  dan  pencapaian  tujuan  pembangunan  dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Kegiatan Pemutakhiran Indeks Desa Membangun tahun 2022, mendapat dukungan penuh dari pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, tutup Zulfahmi. (F)

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html