Masyarakat Bersama Pemkab Aceh Utara Sumbangkan Rp668,5 Juta Untuk Rakyat Palestina



Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, menyerahkan sumbangan kepada warga Palestina melalui ACT, di kantor Bupati, Landeng, Aceh Utara. Senin (5/7/2021) (Dok. Ist) 

Lhoksukon | Acehcorner.com – Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengumpulkan sumbangan Rp668,5 juta untuk membantu rakyat Palestina. Sumbangan itu diserahkan Wakil Bupati Fauzi Yusuf diterima Direktur Regional Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbagut, Husaini Ismail, di Aula Kantor Bupati Aceh Utara, Landeng, Kecamatan Lhoksukon, Senin, 5 Juli 2021. ACT akan menyalurkan bantuan tersebut untuk membantu kebutuhan rakyat Palestina.

Prosesi serah terima sumbangan untuk rakyat Palestina ini turut disaksikan Asisten I Sekda Aceh Utara, Dayan Albar, S.Sos., M.AP., Asisten II, Ir. Risawan Bentara, M.T., Kepala BKPSDM Aceh Utara Syarifuddin, S.Sos., M.AP., para Kabag dan Camat, perwakilan dari manajemen Bank Aceh Syariah, relawan ACT, serta sejumlah pejabat SKPK lainnya.

Baca juga: Vaksinasi Ke Gampong-Gampong di Aceh Utara Mulai Jum’at Besok

Pengumpulan sumbangan itu sebelumnya dilakukan berdasarkan imbauan Bupati melalui Surat Edaran (SE) pada akhir Mei 2021, yang disampaikan kepada seluruh SKPK, Camat, BUMN, BUMD, Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Aceh Utara, dan stakeholder terkait lainnya yang ada di Aceh Utara.

Wabup Fauzi Yusuf mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh Utara dan donatur yang telah menyumbang dana untuk rakyat Palestina. “Terima kasih juga kepada manajemen Bank Aceh yang telah mempercayai untuk mengumpulkan sumbangan ini,” ucapnya.

Kabag Kesra dan Keistimewaan Aceh Setda Aceh Utara, H. Safwan, S.E., M.SM., mengatakan selain sumbangan yang dikumpulkan melalui Pemkab Aceh Utara, masyarakat juga mengumpulkan sumbangan secara komunitas, di antaranya para jemaah masjid, komunitas pemuda, dan pegiat kesehatan, yang diserahkan langsung kepada institusi terhubung ke Palestina dengan jumlahnya mencapai Rp34,3 juta.

“Kalau kita totalkan jumlah sumbangan masyarakat dan Pemkab Aceh Utara mencapai Rp702,9 juta seluruhnya,” kata Safwan.

Direktur Regional ACT Sumbagut, Husaini Ismail, mengatakan sumbangan dari masyarakat dan Pemkab Aceh Utara segera digunakan untuk membantu rakyat Palestina sesuai kebutuhan dan kondisi lapangan. Di antaranya disisihkan untuk pengadaan hewan kurban dua unta dan empat kambing pada saat Iduladha nanti. Selebihnya, membangun dua rumah untuk anak yatim dan janda di Palestina yang merupakan korban agresi Israel. Selain itu, untuk pengembangan potensi pertanian di sana.

“ACT telah berkiprah lebih dari lima tahun di Aceh khususnya Aceh Utara, dengan berbagai program sosial. Di antaranya turut serta dalam pembangunan shelter Blang Adoe untuk pengungsi etnis Rohingya pada akhir 2015. Kemudian, pengadaan kurban setiap Iduladha di mana Aceh Utara selalu menjadi salah satu lokasi pembagian kurban. Saat ini ACT sedang membangun empat sumur wakaf di wilayah Aceh Utara. Juga sedang menggalakkan wakaf produktif seperti yang sedang kita tangani di Kecamatan Cot Girek,” kata Husaini. (Ril)


0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html