Awan Berbentuk UFO Yang Muncul di Langit Banda Aceh Berbahaya

Awan berbentuk piring terbang (UFO) di langit banda Aceh (Dok Ist)

Banda Aceh | Acehcorner.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan fenomena awan mirip piring terbang makhluk luar angkasa atau unidentified fliying object (UFO) yang terlihat di langit di kawasan Desa Punge, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh pada Selasa (6/7) sore termasuk awan yang berbahaya bagi penerbangan.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan fenomena tersebut disebut awan lentikularis, yang merupakan awan menengah. Namun, awan ini sangat berbahaya terhadap dunia penerbangan karena menimbulkan turbulensi. Pesawat atau helikopter yang melintasi awan tersebut akan terguncang bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Baca juga: Banjir Genangi Puluhan Desa di Aceh Jaya

"Dari bentuknya yang tidak biasa memang awan ini menarik dilihat, tapi berbahaya terhadap dunia penerbangan, terutama untuk penerbangan rendah seperti helikopter atau pesawat kecil dan juga pesawat yang mau landing," katanya.

Zakaria menambahkan, awan lentikularis terbentuk ketika arus angin yang mengalir sejajar permukaan bumi mendapat hambatan dari objek tertentu seperti pegunungan. Akibat hambatan tersebut, arus udara tersebut bergerak naik secara vertikal menuju puncak awan.

Udara naik tersebut mengandung banyak uap air dan bersifat stabil, maka saat mencapai suhu titik embun di puncak gunung uap air tersebut, mulai berkondensasi menjadi awan mengikuti kontur puncak gunung.

"Jadi fenomena awan ini adalah biasa walau jarang terjadi, tapi tidak ada kaitan dengan fenomena lain seperti akan ada gempa besar apa lagi yang berbau mistis," tutup Zakaria.

 

 

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html