Cari RS COVID-19 Yang Tersedia? Cek Di Situs Ini

Salah satu kamar perawatan pasien Covid-19 di RS Wisma Atlit Jakarta (Dok Ist)

Jakarta | Acehcorner.com - Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia berdampak pada tingkat keterisian tempat tidur di beberapa rumah sakit rujukan COVID-19. Akibatnya, banyak pasien yang membutuhkan perawatan, akhirnya tidak bisa dirawat di rumah sakit.

Melihat kondisi ini, Kementerian Kesehatan RI menyediakan fasilitas daring yang bisa digunakan untuk mengecek informasi terkait keterisian tempat tidur untuk pasien COVID-19. Informasi tersebut bisa diakses melalui situs web resmi Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kemenkes di link ini http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/.

Seperti dilansir detikcom, di dalam laman tersebut akan muncul dua opsi. Pertama untuk mengecek keterisian tempat tidur pasien COVID-19. Sementara yang kedua untuk mengetahui keterisian tempat tidur pasien non-COVID-19.

Berikut cara penggunaan laman Siranap Kemenkes untuk mengecek keterisian tempat tidur pasien COVID-19.

Baca juga: Waduh, Ini Lima Daerah Di Aceh Tertinggi Penularan Covid-19

1. Klik pilihan pertama yang ditujukan untuk mengecek tempat tidur pasien COVID-19. Lalu, pilih provinsi, kota, dan klik tombol cari.

2. Selanjutnya, akan muncul daftar rumah sakit di lokasi yang sudah dipilih.

3. Pilih salah satu rumah sakit untuk melihat jumlah tempat tidur yang masih tersedia di sana.

4. Akan terlihat jumlah tempat tidur atau bed yang masih tersedia. Masing-masing untuk isolasi tekanan negatif, isolasi tanpa tekanan negatif, dan IGD khusus pasien COVID-19.

Selain itu, dalam laman tersebut juga tersedia alamat, nomor telepon, serta lokasi yang ditampilkan menggunakan Google Maps.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengungkapkan kriteria pasien yang harus dirawat di rumah sakit. Salah satu kriteria adalah pasien mengalami gejala yang berat, sehingga harus mendapatkan perawatan yang maksimal.

"Untuk (pasien) yang diisolasi dan memiliki gejala, khususnya dia ada komorbid, khususnya saturasinya (saturasi oksigen) di bawah 95 persen, khususnya sudah mulai sesak, itu dibawa ke rumah sakit," jelas Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam siaran pers Senin (21/6/2021).

0 Komentar

https://www.olg.link/