Kemensos Akan Bantu Renovasi Rumah Lansia Tidak Layak Huni


Menteri Sosial, Tri Rismaharini, saat menghadiri acara puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Aceh Utara, Rabu (29/5/2024). (Foto: LKBN Antara)

Lhoksukon | Acehcorner.com - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini mengungkapkan akan membantu merenovasi rumah lansia yang tidak layak huni untuk memudahkan akses untuk mereka.

“Rumah lansia yang dibantu renovasi yakni lansia yang tinggal sendiri,” ujar Risma kepada awak media didepan Kantor Bupati Aceh Utara,” Rabu (29/5).

Berdasarkan hal itu, Kemensos masih menerapkan sistem skala prioritas dalam penyaluran bantuan renovasi rumah.

“Nanti kita minta bantu dinas untuk melakukan asesmen untuk pihak mana yang diprioritaskan dan paling membutuhkan,” katanya.

Selain itu, Risma mengatakan Kemensos memilih Aceh Utara sebagia kegiatan puncak kegiatan puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dikarenkan daerah ini paling banyak jumlah lansia.

Dalam kegiatan itu, kemensos memberikan memberikan pelayanan berupa platihan fisik kepada lansia serta operasi katarak.

Risma mengatakan ada lebih dari 1.000 yang ingin operasi katarak. Namun setelah dilakukan screening ada 300 lansia yang dilakukan operasi katarak.

“Kalau kita melakukan operasi katarak 1000 lansia mungkin butuh waktu lima hari. Tapi Alhamdulillah, setelah dilakukan pemeriksaan mereka hanya membutuhkan kacamatan dan pengobatan lain,”ujarnya.

Risma menambahkan para lansia di Aceh Utara banyak menderita saraf pinggang karena mereka aktivitas rata-rata bekerja di pertanian. 

“ini menjadi PR bagi saya bagaiman kedepan mereka lebih baik meskpun harus terpaksa melakukan aktivias sebagai petani,” pungkasnya. (DA)

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html