Melihat Tradisi Wot Ie Bu di Aceh Utara

Ibu-ibu dan remaja putri Gampong Tanjong, Kec. Meurah Mulia, Aceh Utara sedang lakukan wot ie bu di meunasah desa setempat. (Foto Hasanuddin)

Aceh Utara | Acehcorner.com - Wot ie bu (masak bubur nasi) merupakan tradisi terun temurun sampai saat ini masih dilakukan oleh warga Gampong Tanjong, Kecamatan Meurah mulia, Aceh utara.

Kegiatan wot ie bu ini dilakukan secara rutin saat padi berusia lima puluh hari atau saat bunting padi sebelum berbuah.

Menurut tokoh adat setempat tradisi ini dilakukan bertujuan untuk menolak bala, mengusir hama pada tanaman padi dan bentuk syukur kepada Allah SWT. Biasanya sebelum menyantap ie bu ini terlabih dahulu dilakukan do’a bersama.

Proses memasak dan do’a bersama dilakukan dalam pekarangan meunasah (surau). Yang memasak biasanya kompak dilakukan oleh kaum ibu dan remaja putri, sementara para kaum lelaki fokus berdoa yang dipimpin oleh tengku imum Gampong.

Menurut Ibu Salbiah (65) salah seorang tokoh adat di Gampong Tanjong menyebutkan, bahwa tradisi seperti ini telah berlangsung ratusan tahun silam sejak kakek neneknya dulu dan secara turun temurun terus dilakukan hingga saat ini. “Kami yakin dengan lakukan kenduri wot Ie Bu dan do’a bersama maka padi kami tidak di serang hama dan hasil panennya melimpah,” pungkas Salbiah. (Hasanuddin)

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html