Ratusan Imigran Rohingya Kembali Mendarat di Bireuen

Imigran Rohingya yang terdiri dari perempuan dan anak-anak ditempat penampungan sementara (Dhani)

Bireuen | Acehcorner.com - Ratusan imigran Rohingya kembali mendarat di perairan Kecamatan Gandapura, Bireuen, Minggu, (19/11). Setiba di daratan manusia perahu itu sempat berpencar di tiga lokasi. Berdasarkan informasi, setelah turun dari kapal, mereka berpencar masuk ke permukiman warga yaitu di Desa Gampong Samuti Rayeuk, Samuti Panten dan Lhok Mambang.

Protection Associate UNHCR, Faisal Rahman, menyebutkan data sementara mereka berjumlah 256 orang. Perempuan dewasa 110 orang. Laki-laki dewasa. 86 orang. Anak-anak laki- laki 36 orang, anak perempuan 24 orang.

Mereka merupakan kapal Rohingya yang sebelumnya di tolak warga pada Kamis di Jangka Bireuen, dan Ulee Madon, Aceh Utara.

Sejauh ini pihak UNHCR masih melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait tempat penampungan sementara bagi pengungsi Rohingya.

Tak hanya di Bireuen dua kapal yang ditumpangi etnis Rohingya pada hari yang sama juga mendarat di Kabupaten Pidie sebanyak 241 orang.  Aceh Timur 36 orang.

Hingga pukul 15.40 Wib, para Rohingya masih dimumpulkan di tempat penurunan ikan (TPI) Lapang barat, Kecamatan Gandapura, Bireuen.

Mukim Desa Lapang Barat, Kecamatan Gandapura, Muhardi Mustafa, menyebutkan, untuk sementara masyarakat membiarkan Rohingya di tempatkan sementara di TPI Lapang Barat sembari menunggu kapal mereka diperbaiki.

Setelah di perbaiki masyarakat berharap Rohingya kembali berlayar. Alasan masyarakat menolak kedatangan Rohingya karena sedang kesulitan ekonomi. (DA)

 

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html