36 Imigran Rohingya Mendarat di Peudada Bireuen

Imigran Rohingya yang terdiri dari laki-laki, perempuan dan anak-anak sedang didata oleh petugas, Senin (16/10/2023). (dok Ist) 

Bireuen | Acehcorner.com – Sebanyak 36 imigran Rohingya kembali mendarat di Aceh, kali ini mereka mendarat di Gampong Matang Pasi, Kecamatan Peudada, Bireuen, pada Senin (16/10) sekira pukul 6 Wib pagi.

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan mengatakan pihaknya bersama dengan pihak kepolisian sedang melakukan pendataan terhadap seluruh imigran yang terdiri dari 14 orang laki-laki, 12 orang perempuan dan 10 orang anak-anak.

"Dikarenakan rasa kemanusiaan, sementara kita tempatkan dulu para Imigran di Gedung SKB Bireuen. Kami juga sudah berkomunikasi dengan Pj Wali Kota Langsa agar dapat dipindahkan ke sana dikarenakan ada tempat penampungan," katanya.

Dia mengatakan kemungkinan dalam beberapa hari ini mereka akan kembali mendarat. Untuk saat ini pihaknya sedang melakukan mencari keberadaan manusia perahu tersebut.

Sementara itu, Protection Associate UNHCR, Faisal Rahman mengatakan, terkait pemindahan warga Imigran tersebut pihaknya sedang menunggu hasil koordinasi Pemkab Bireuen dengan Pemko Langsa dan Pemkab Pidie.

"Untuk tahap awal ini kita lakukan registrasi ulang terlebih dahulu dan cek kesehatan. Hingga kini kondisi imigran tersebut kondisi sehat semua," ujarnya.

Keuchik Matang Pasi, Jamaluddin mengatakan para imigran itu ditemukan masyarakat sudah berada di permukiman warga. Ketika itu, mereka mengetuk pintu salah satu warga.

"Disaat membuka pintu, warga tersebut terkejut dengan kedatangan mereka. Lalu, mereka langsung dikumpulkan di depan Meunasah setempat,"katanya.

Kemudian, warga melakukan pengecekkan ke laut dan ternyata tidak ada kapal. Ketika ditanyakan kepada imigran tersebut mereka mengakui kapal ditumpangi rusak dan tenggelam. (DA)

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html