Pj Bupati Aceh Utara Tinjau Kegiatan Vaksinasi Sapi dan Ayam Petelur

 

Pj. Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, meninjau pelaksanaan vaksinasi sapi. Senin, (25/9/2023) - Foto: Prokopim. Aut

Aceh Utara| Acehcorner.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, meninjau pelaksanaan vaksinasi sapi di Gampong Pulo Rungkom Kecamatan Dewantara dan ayam petelur Gampong Tanjung Keumala Kecamatan Sawang untuk mendukung budidaya bisnis peternakan, Senin, (25/9/2023).

"Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, kita hendak melihat langsung usaha peternakan yang digeluti oleh masyarakat. Bisnis peternakan ini memang sangat prospek, dan mudah untuk dijalankan. Keuntungannya pun sangat menjanjikan asalkan ditekuni dengan serius," kata Mahyuzar.

Pj Bupati Mahyuzar dalam kunjungannya didampingi oleh Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Lilis Indriansyah, MP, Sekdis Drh Muzakkir, Camat Dewantara Nawafil Mahyudha, SSTP, Camat Sawang Mazimuddin, SE, Kabag Humas Muslem, SSos, MM, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Lilis Indriansyah, MP, mengatakan vaksinasi sapi dimaksudkan untuk antisipasi munculnya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sebelumnya sempat mengganggu usaha peternakan sapi.

Kunjungan kali ini juga turut menyerahkan bantuan bahan vaksin dan obat-obatan lainnya kepada peternak setempat dan peternak ayam petelur di Gampong Tanjong Keumala Kecamatan Sawang.

"Alhamdulillah peternak kita sangat respons terhadap kemungkinan munculnya penyakit hewan, dengan adanya bantuan ini kita harapkan mereka dapat mengantisipasi lebih cepat. Kita sarankan juga agar para peternak selalu berkonsultasi dengan para penyuluh yang ada di Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan)," ungkap Lilis.

Kemudian lanjut Lilis, kegiatan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) dilaksanakan di Gampong Pulo Rungkom Kecamatan Dewantara juga bertujuan untuk meningkatkan imun pada tubuh sapi, sehingga kebal terhadap penyakit tersebut.

“target di Aceh Utara adalah 20.000 ekor sapi, dan yang sudah divaksin saat ini mencapai 8.000 ekor. Selain itu, juga dilakukan pengobatan ternak masyarakat.” Tutupnya. [FR]

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html