Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terlanjur Klik File APK Bodong?


Ilustrasi pesan file APK Bodong (Foto: Ist)

Acehcorner.com – Maraknya penipuan daring berkedok "link phising" atau palsu dan modifikasi APK (Android Package Kit) bodong yang kemudian menimbulkan masalah pada smartphone kalian.

Lantas apak yang harus kita lakukan jika sudah terlanjur mengklik file APK bodong.

Dilansir dari laman OCBC NISP. Jika sudah terlanjur mengklik file APK bodong, lakukan enam langkah berikut :

Pertama, Segera matikan mobile data untuk mencegah data pada device Anda terkirim ke pelaku.

Kedua, Cek aplikasi mencurigakan di handphone. Jika ditemukan aplikasi mencurigakan segera lakukan delete atau uninstall aplikasi. Apabila memungkinkan, lakukan scan antivirus/antimalware untuk memastikan handphone bersih dari virus/malware.

Ketiga, Hapus aplikasi m-banking agar pelaku tidak dapat mengakses m-banking milik Anda.

Keempat, Jika masih merasa tidak aman, lakukan factory reset pada handphone. Jangan lupa backup data penting terlebih dahulu agar Anda tidak kehilangan data tersebut.

Kelima, Hubungi call center bank atau datang ke cabang terdekat untuk bisa menggunakan m-banking kembali.

Keenam, Segera lakukan perubahan password dan PIN transaksi m-banking, PIN kartu ATM/kartu kredit apabila ada transaksi yang tidak dikenal.

Dikutip dari laman Bank Indonesia, pada intinya jika menerima file APK dari orang yang tidak dikenal melalui pesan singkat, jangan mudah tergiur untuk mengklik dan menginstal file tersebut. Hal ini karena setelah file APK diinstal, file APK tersebut akan meminta akses untuk mengambil data pribadi seperti foto, video, SMS, dan akses akun m-banking.

Menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dalam kasus penipuan bermodus file APK ini, penyerang berupaya mengirimkan sebuah program jahat (malware) untuk diinstal di handphone korban. Kemudian, pelaku akan mencuri data maupun mengambil alih kendali perangkat korban.

Penipu akan memiliki kontrol terhadap gawai kita dan mengetahui seluruh informasi rahasia seperti PIN, password, dan kode OTP. Setiap orang harus memahami bahwa data pribadi adalah hal yang sangat berharga dan harus dilindungi dengan baik. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk memahami cara menjaga data pribadi saat menggunakan internet.[*]

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html