Pendamping Lokal Desa di Aceh Utara dan Lhokseumawe Dibekali Kemampuan Hadapi Uji Kompetensi

 

Suasana Kelas Bimtek Pendamping Lokal Desa  Aceh Utara dan Lhokseumawe , Minggu(24/10/2022)

Lhokseumawe | Acehcorner.com — Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN) Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe Laksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) sertifikasi Kompetensi Tenaga Pendamping Profesional (TPP). BIMTEK kali ini dikhususkan kepada Pendamping Lokal Desa (PLD).

Kegiatan yang diadakan di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe, yang diikuti oleh 208 peserta yang tersebar dari 27 Kecamatan di Kabupaten Aceh Utara dan 4 Kecamatan Kota Lhokseumawe, Minggu (24/10).

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan pada tanggal 22- 23 Oktober 2022 ini guna mempersiapkan kemampuan PLD dalam mengikuti uji kompentesi sesuai dengan Permendesa Nomor 19 Tahun 2020 dan Kepmendes Nomor 114 Tahun 2022 Tentang Sertifikasi.

Ketua Panitia Pelaksana Ngaliman MS, SH didampingi oleh Ketua APMDN Aceh Utara, Fachrurriza, SIP dan Kota Lhokseumawe Muhammad Danil, ST menjelaskan, Kegiatan yang dilaksanakan guna untuk mempersiapkan kemampuan petugas PLD untuk kesiapan dalam mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Seluruh biaya yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan ini ditalangi oleh masing masing peserta, dan ini tidak ada paksaan, kita sampaikan kepada kawan kawan PLD yang berkeinginan untuk mengikuti kegiatan BIMTEK silakan mendaftar melalui korcam dan disampaikan kepada kami agar bisa kita rekap", ungkap Ngaliman.

Ngaliman menambahkan, tahun ini terdapat 270 kuota PLD, untuk Aceh Utara mendapat jatah 35 orang dan untuk Kota Lhokseumawe 3 orang. Diharapkan kepada semua TPP dapat memanfaatkan momen ini sebagai peluang dan serius mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

Menurut Ngaliman, Bimtek ini sangat penting, mengingat para PLD masih banyak yang belum memahami tentang sistematika penyusunan porto folio, bukti-bukti apa saja yang harus dikumpulkan dan output apa saja yang diharapkan pada setiap kriteria unjuk kerja (KUK).

Dalam Bimbingan teknis ini, mendetailkan 8 unit kompetensi pada skema Pendamping Lokal Desa (PLD) yang yang akan di uji kompetensi di depan asesor. (FR)

1 Komentar

  1. On the daily, CNC machinists mix parts of mechanical design, CNC machining technical drawings, mathematics, and laptop programming expertise to produce a variety of|quite lots of|a wide range of} metal and plastic parts. CNC operators can take a sheet of metal and turn it into a important airplane or automobile part. One of the problems with these early machines was that they required the operator to control the handwheels to make each part. Besides being monotonous and bodily exhausting work, the ability of the operator to make equivalent parts was limited.

    BalasHapus

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html