Puluhan Ribu Ekor Hewan Ternak Terinfeksi PMK di Aceh Dinyatakan Sembuh

Petugas posko Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pemkab Aceh Besar memeriksa dan mengobati sapi yang terinfeksi PMK di Montasik, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (21/5/2022). (Dok Antara)

Banda Aceh | Acehcorner.com – Upaya satgas penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tergabung dalam Operasi Aman Nusa II kembali menunjukkan hasil positif.

Hal dibuktikan dengan laporan pada Rabu, 27 Juli 2022, di mana 200 ekor hewan ternak yang terinfeksi PMK kembali dinyatakan sembuh. Dengan begitu, sampai saat ini sudah 33.938 ekor yang berhasil disembuhkan.

Menurut Kasatgas Banops Aman Nusa II Kombes Winardy dalam rilisnya pada Kamis (28/7/2022), saat ini pihaknya membuat posko penangananan PMK di seluruh kabupaten/kota serta melakukan penyekatan mobilisasi angkutan hewan ternak di perbatasan Aceh-Sumut.

Selain itu, sambungnya, Polda Aceh juga bekerja sama dengan Komunitas Eco Enzyme untuk membagikan eco enzyme kepada peternak di seluruh jajaran secara gratis dan mengimbau agar peternak selalu membersihkan kandang dan kotoran ternak dengan cairan anti virus tersebut.

“Kami sudah mendistribusikan eco enzyme ke seluruh jajaran, yang selanjutnya dibagikan ke peternak. Ini adalah upaya kami dalam memutus penyebaran PMK,” tutup Winardy. (Ril)

 


0 Komentar

https://www.olg.link/