BMKG: Aceh Sedang Alami Cuaca Ekstrem, Waspadai Angin Kencang

Ilustrasi angin kencang

Banda Aceh | Acehcorner.com - Provinsi Aceh sedang dilanda cuaca ekstrem yang mengakibatkan angin kencang sehingga masyarakat diimbau untuk lebih waspada. Hal tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, wilayah Aceh memang sedang musim angin kencang, diperkirakan masih bertahan sampai satu bulan kedepan.

“Penyebabnya karena ada perbedaan tekanan udara dari Benua Asutralia dan Benua Asia, kalau Benua Asia lebih dekat dengan Samudera Pasific dan Benua Australia lebih dekat dengan Samudera Hindia yag merupakan wilayah perairan Aceh,” ujar Zakaria, Kamis (7/7/2022).

Zakaria menambahkan, ketika terjadi tekanan rendah di Samudera Pasific, maka masa udara di sekitar Benua Australia menuju ke Samudera Pasifc, sehingga berbelok ke beberapa titik dan melintasi Aceh.

Sehingga dampaknya terjadi angin kencang untuk wilayah Provinsi Aceh, kecepatan anginnya mencapai 90 hingga 100 kilometer per jam, apalagi dipengaruhi oleh awan cumulonimbus.

“Kita ini memang sedang dilanda cuaca ekstrem, namun bukan berarti dalam setiap hari terjadi,” tutur Zakaria.

Zakaria mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada terhadap kondisi cuaca tersebut, jika terjadi angin kencang agar tidak berada di lokasi yang mudah roboh seperti di bawah pepohonan, papan reklame dan lain-lain sebaiknya mencari tempat berlindung yang kokoh dan aman. (DA)

0 Komentar

https://www.olg.link/