Gajah Liar Rusak 9 Gubuk dan Puluhan Hektare Kebun di Aceh Utara

Salah satu gubuk warga yang dirusak oleh gajah liar. (Dok Ist)

Aceh Utara | Acehcorner.com – Sembilan gubuk milik petani dan puluhan hektare kebun rusak akibat masuknya gajah liar di Desa Sara Raja, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, pada Senin (6/6/2022).

Staf Resort Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Utara, Nurdin, menyebutkan kawasan itu rutin menjadi lintasan gajah liar.

“Karena itu daerah lintasan gajah maka konflik antar gajah liar dan petani di kawasan itu sudah rutin terjadi,” sebutnya.

Menurut Nurdin, saat ini langkah yang sudah mereka lakukan dengan memberi mercon untuk mengusir gajah liar dari lokasi tersebut.

Dia menyebutkan, kendala yang mereka hadapi saat ini adalah kawasan tersebut sudah berubah fungsi menjadi lahan pertanian.

“Kami sekarang sudah tidak tahu lagi harus mengusir gajah liar tersebut ke mana karena hutan di sana itu sudah berubah jadi lahan pertanian semua hutannya sudah tidak ada, ini harus dipikirkan oleh pemerintah daerah.” katanya.

Dia berharap, masalah konflik gajah dan manusia di kawasan itu menjadi fokus perhatian pemerintah Kabupaten aceh Utara. Sehingga kedepan ada langkah kongkrit untuk menghentikan gajah melintas di kawasan tersebut dan merusak kebun serta gubuk petani. (DA)

 

0 Komentar

https://www.olg.link/