Selamatkan WhatsApp anda dari peretasan, pelajari fitur ini

Gambar Ilustrasi WhatsApp.

Acehcorner.com - WhatsApp merupakan aplikasi pesan sosial terpopuler saat ini dengan pengguna aktif perbulan sebanyak 2,6 miliar.

Aplikasi besutan Meta ini memiliki bayak fitur keamanan canggih yang dimiliki diantaranya verifikasi dua langkah, fitur sidik jari, dan fitur enkripsi end-to-end (ujung ke ujung).

Berikut adalah menggunakannya seperti dikutip Daily Star:

1. Verifikasi dua langkah

Fitur keamanan yang dimiliki WhatsApp  pertama adalah verifikasi dua langkah yang merupakan fitur keamanan tambahan untuk akun WhatsApp, dimana fitur ini memanfaatkan nomor pin sebagai keamanan tambahan.

Dalam mengaktifkan fitur ini pengguna wajib memasukkan alamat e-mail yang nantinya alamat e-mail yang dimasukkan akan berguna untuk menyetel ulang PIN saat Anda lupa.

Cagra mengaktifkannya terbilang cukup mudah,  berikut ini langkah-langkahnya:

Buka WhatsApp Anda
Klik “Settings
Pilih Account > Two-step-verificarion > Enable
Masukkan enam digit PIN yang Anda inginkan
Berikan alamat e-mail yang dapat Anda akses untuk membantu melindungi akun Anda
Pilih “Next
Konfirmasikan alamat e-mail lalu pilih “Save” atau “Done

2. Sidik jari

Yang kedua adalah fitur keamanan sidik jari. Jenis ini merupakan fitur yang dapat diaktifkan oleh pengguna untuk mengamankan akun WhatsApp miliknya. Fitur ini akan meminta kunci sidik jari pemilik akun WhatsApp saat akan mengakses aplikasi.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah:

Buka WhatsApp Anda
Klik “Settings
Pilih “Account
Pilih “Privacy
Scroll ke bawah dan klik “Fingerprint Lock
Kemudian geser toggle ke arah kanan untuk mengaktifkan
Anda akan diminta untuk memindai sidik jari Anda
Perlu diketahui bagi pengguna bahwa kunci sidik jari hanya tersedia untuk perangkat Android dengan sensor sidik jari yang menjalankan Android minimal versi 6.0.

3. Enkripsi end-to-end

Yang terakhir yang akan kita bahas adalah fitur keamanan end-to-end encryption atau disebut juga enkripsi dari ujung ke ujung yang merupakan fitur keamanan default telah terpasang di akun WhatsApp pengguna. Sistem enkripsi ini berlaku untuk perpesanan teks, audio, video call, dan WhatsApp Web.

Tujuan sistem keamanan jenis ini menjamin pengguna WhatsApp bahwa pesan yang terkirim antara dua pihak tidak diretas alias tidak ada orang lain di antara komunikasi yang dilakukan oleh pengguna.


0 Komentar

https://www.olg.link/