Puluhan Sapi di Langsa Diduga Terinfeksi Penyakit PMK

Tim Balai Veteriner Medan sedang melakukan pengambilan sampel sapi yang diduga terkena penyakit PMK di Langsa, Kamis (12/5/2022). (Dok Ist)

Langsa | Acehcorner.com – Sebanyak 68 sapi di Kota Langsa, Provinsi Aceh diduga terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK). Tim Polres Langsa, Balai Veteriner dan Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Langsa mengambil sampel dari 68 sapi tersebut untuk diperiksa di laboratorium.

Ketua Tim Pengambilan Sampel dari Balai Veteriner Medan, Drh. Sara, Jum’at (13/5/2022) menyebutkan dari hasil pantauan lapangan sapi di Kota Langsa diambil sampel bekas luka pada kuku, air liur sapi, serum dan darah sapi.

“Hasil uji sampel sapi tersebut akan diketahui berapa hari ke depan, setelah nanti selesai dilakukan uji laboratirum di Balai Veteriner Medan. Kita tunggu saja hasilnya, apakah positif PMK atau tidak,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, menyebutkan, hingga saat ini belum bisa dipastikan apakah sapi itu positif terjangkit penyakit PMK.

Dia menyebutkan, sosialisasi tentang penyakit PMK ini dilakukan secara masif di Kota Langsa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

“Kita harapkan kepada pemilik ternak agar segera melaporkan ke dinas peternakan jika ada sapi yang sakit, agar segera bisa diambil langkah lebih lanjut” sebut Kapolres.

Seperti diberitakan sebelumnya sebanyak 11 sapi dilaporkan mati karena terjangkit penyakit PMK di Aceh Tamiang. Sebanyak 1.881 sapi dari 45.000 populasi sapi di Aceh Tamiang dilaporkan positif PMK dan kini dalam penanganan tim dokter hewan. (DA)

0 Komentar

https://www.olg.link/