Cegah Kecelakaan Selama Mudik Lebaran, Satlantas Polres Lhokseumawe Tes Urin Supir Angkutan Umum

Para supir angkutan umum di Lhokseumawe dilakukan tes urin oleh tim Polres Lhokseumawe, Kamis (28/4/2022). (Dok Ist)

Lhokseumawe | Acehcorner.com - Satlantas Polres Lhokseumawe bersama tim gabungan melakukan pemeriksaan urin terhadap pengemudi angkutan umum di terminal tipe A Mon Geudong, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Rabu (27/4/2022) malam.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto melalui Kasat Lantas, AKP Vifa Febriana Sari mengatakan, personel gabungan Polres Lhokseumawe, dalam kegiatan ini juga melibatkan petugas Dinas Perhubungan Lhokseumawe dan pihak Jasa Raharja.

Lanjutnya, kegiatan dimaksud merupakan agenda Nasional dalam rangka Operasi Ketupat Seulawah 2022. Tujuannya, guna mengantisipasi kecelakaan lalulintas yang diakibatkan oleh penyalahgunaan narkoba di kalangan para supir angkutan umum selama mudik lebaran.

"Tes urin ini dilakukan secara acak, pada sopir bus dan mini bus yang membawa penumpang umum. Ada 25 supir yang sudah dites urin. Hasilnya, satu orang terindikasi positif menggunakan narkoba dan sedang dilakukan pendalaman oleh Satreskoba," ujarnya.

Tujuan dari tes urin tersebut, kata Kasat, untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan supir dan mencegah serta meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya selama mudik lebaran," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mewujudkan sopir dan kondektur angkutan umum yang bersih. Kemudian, Polres Lhokseumawe juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) pada penumpang.

Kasat lantas juga mengimbau kepada para pemudik supaya tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) setelah sampai di tujuan. "Patuhilah rambu - rambu lalu lintas, jika kelelahan istirahatlah di pos pengamanan dan pos pelayanan yang telah kita sediakan," pintanya.

Sementara itu, seorang supir angkutan umum Rizki Ananda, saat dimintai keterangannya menjelaskan, ia sangat menyambut baik langkah yang dilakukan oleh jajaran Polres Lhokseumawe, karena sangat berdampak positif.

"Saya sangat berterima kasih dan menyambut baik. Karena tujuannya untuk menciptakan awak angkutan yang bersih dari Narkoba yang bertujuan untuk keselamatan awak angkutan dan penumpang," pungkasnya. (DA)

0 Komentar

https://www.olg.link/