PIM Beli Gas Bahan Baku Pupuk dari Medan

Proses penandatanganan jual beli gas antara manajemen PIM dan Bakrie Group di Jakarta, Rabu (30/3/2022). (Dok PIM)

Aceh Utara | Acehcorner - PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Aceh Utara menandatangani kerjasama pembelian gas untuk bahan baku pupuk urea dengan Entitas Group Bakrie, EMP Gebang Limited yang berlokasi di Pangkalan Susu, Langkat, Sumatera Utara. Kegiatan penandatanganan kerjasama berlangsung di Jakarta pada 30 Maret 2022.

Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda, Budi Santoso Syarif dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/3/2022) menyebutkan, kepastian gas itu membuat PT PIM akan menaktifkan kembali pabrik pupuk yang sebelumnya terhenti di Aceh Utara.

“Gas ini untuk peningkatan kapasitas produksi serta berpotensi untuk memproduksi blue ammonia sebagai sumber energi bersih dengan memanfaatkan sumber gas sebagai storage CO2,” sebut Budi.

PIM sebagai salah satu pemilik lahan dikawasan KEK Arun Lhokseumawe berharap Bakrie Group dapat membangun industri hilirisasi sawit menjadi Oleochemical, Hydrogenated Vegetable Oil (HVO) dan Bio Diesel.

Sedangkan Direktur Utama EMP Syailendra S. Bakrie dalam keterangan resmi menyampaikan akan memenuhi pasokan gas yang dibutuhkan oleh PIM untuk pengoperasian pabrik pupuk ureanya.

“Penandatangan MoU ini merupakan langkah strategis dalam proyek hilirisasi gas bumi seperti blue amoniak, metanol dan optimalisasi penggunaan gas serta potensi pengembangan industri Petrokimia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, sekaligus sebagai bagian dari upaya percepatan net zero emission 2060,” sebut Syailendra.

EMP menargetkan nantinya akan memasok sekitar 40 juta kaki kubik gas perharinya bersumber dari Gebang PSC Block yang berlokasi di Sumatera Utara dalam rangka pengembangan Iskandar Muda Industrial Area (IMIA) di Aceh Utara.

“Dalam kerjasama ini juga disepati PIM akan menyediakan lahan untuk EMPT Gerbang Limited dalam pengembangan bisnisnya pada masa mendatang,” sebutnya.

Sekadar diketahui, PT PIM anak perusahaan PT Pupuk Indonesia sebelumnya menghentikan produksi pabrik PIM 1 karena terkendala gas sebagai bahan baku pupuk urea. Praktis, hanya pabrik PIM 2 yang beroperasi selama ini. (Ril)

0 Komentar

https://www.olg.link/