Pemkab Bireuen Sedang Upayakan Pemidahan 114 Pengungsi Rohingya

Para pengungsi Rohingya yang saat ini ditampung sementara di Meunasah Gampong Alue Buya Pasie, Bireuen. (DA) 

Bireuen | Acehcorner.com - Pemerintah Kabupaten Bireuen terus berupaya melakukan koordinasi terkait proses pemindahan lokasi penampungan 114 warga etnis Rohingya saat ini masih berada di Halaman Meunasah Gampong Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka.

“Saat ini proses rencana pemindahan pengungsi Rohingya sedang kami koordinasikan dengan pihak-pihak yang berwenang terkait diantaranya UNHCR dan ION,” kata Asisten I Pemkab Bireuen, Mulyadi Kasem, Rabu (8/3/2022).

Mulyadi menyebutkan berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan tim Satgas Pusat di Pendopo Bireuen, rencananya para pengungsi itu akan dibawa ke tempat penampungan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Lhokseumawe.

Mulyadi menambahkan untuk penanganan para pengungsi Rohingya saat ini sudah ditangani oleh pihak UNHCR dan ION. “Baik administrasi dan kartu indentitas dilakukan oleh lembaga dunia tersebut,” kata Mulyadi.

Mulyadi menjelaskan terkait penanganan pengungsi Rohingya itu merupakan kewenangan UNHCR. “Kita hanya melakukan fasilitasi disaat awal mereka mendarat di tempat kita,” katanya.

Mulyadi mengatakan atas dasar kemanusian Pemkab Bireuen tetap akan memfasilitasi terkait penanganan para pengungsi rohingya tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Sebanyak 114 warga etnis Muslim Rohingya kembali mendarat di Aceh. Para imigran tersebut merapat di pantai kawasan Bireuen, pada Minggu (6/3/2022) sekitar pukul 03.00 WIB.

Saat ini para pengungsi tersebut masih ditampung di Halaman Meunasah Alue Buya Pasie dan belum dipindahkan. (DA)

0 Komentar

https://www.olg.link/