Tujuh Kecamatan Di Aceh Utara Terendam Banjir

Dua orang bocah sedang berenang dalam genangan banjir yang menggenangi desa mereka di Gampong Manyang Lhoksukon pada Sabtu (01/01/2022). (Amrizal Abe)

Aceh Utara | Acehcorner.com - Sejumlah lokasi di tujuh kecamatan di Kabupaten Aceh Utara mulai terendam banjir akibat curah hujan tinggi.  Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Sabtu (1/1/2021, banjir merendam Kecamatan Dewantara, Sawang, Banda Baro, Cot Girek, Matang Kuli, Pirak Timu, dan Kecamatan Lhoksukon.

Hasil pantauan Acehcorner, di jalan lintas Lhoksukon – Cot Girek banjir menggenangi sepanjang jalan lintas sehingga menghambat aktivitas warga. Penyebab banjir disebabkan jebolnya tanggul sungai Krueng Peutoe di kilometer 2 Lhoksukon – Cot Girek.

Desa yang terdampak antara lain meunasah Manyang, meunasah Jok, Nga LT pada lintasan jalan Cot Girek. Titik paling parah terdampak Desa Meunasah Jok akibat jebolnya tanggul sungai. Seorang warga setempat Ibnu Sabil (33) menyampaikan bahwa jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda dua. “Cuma mobil yang bisa lewat bang, kalau kendaraan roda dua harus melalui tanggul irigasi”, ujarnya.

Geuchik Gampong Meunasah Jok, Zulkifli menyampaikan bahwa sebulan yang lalu tanggul yang rusak sudah pernah diperbaiki dengan swadaya masyarakat sekitar. Akibat curah hujan tinggi sehingga debit air sungai mulai naik perlahan sejak magrib Jum’at (31/12/2021) menggenangi perumahan warga. “Sebagian masyarakat mulai mengungsi ke meunasah untuk dapat memasak” ungkapnya.

Sementara itu kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara Siswanto, ST, M.Si melalui surat edaran tanggal 31 Desember 2021 menghimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi peningkatan curah hujan disertai angin kencang yang mengakibatkan bencana banjir, tanah longsor, banjir bandang maupun genangan.

Lebih lanjut BMKG menyampaikan bahwa masyarakat dapat memantau perkembangan perubahan cuaca melalui aplikasi android ‘Info BMKG’ yang dapat di download pada aplikasi Playstore, juga melalui akun sosial media Instagram ‘bmkg_acehutara’. (Amrizal Abe)

0 Komentar

https://www.olg.link/