Ini Dia Babinsa Terbaik Kodim Aceh Utara Penerima Penghargaan Pangdam Iskandar Muda

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Mohamad Hasan memberikan penghargaan dan tali asih kepada Babinsa terbaik Serda Syamsuddin anggota Koramil Langkahan Kodim 0103/Aceh Utara, Kamis (27/1/2022). (Dok Penerangan Kodim 0103/Aceh Utara)

Aceh Utara | Acehcorner.com - Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Mohamad Hasan memberikan penghargaan dan tali asih kepada Babinsa terbaik Serda Syamsuddin anggota Koramil Langkahan Kodim 0103/Aceh Utara, penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Gedung KNPI Aceh Utara Kota Lhokseumawe pada Kamis (27/1/2022).

Penghargaan ini diberikan kepada Babinsa Koramil Kecamatan Langkahan atas prestasinya yang berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Serda Syamsuddin melakukan kegiatan pembinaan kepada petani keramba ikan apung. Dari awalnya 6 keramba menjadi 130 keramba serta memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang manfaat dan budidaya Ulat Maggot.

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan ucapan selamat kepada Serda Syamsuddin Babinsa Koramil 29/Langkahan atas prestasi yang sudah diraih dalam melaksanakan tugas sebagai Babinsa (Bintara Pembina Desa).

“Ini semua merupakan prestasi yang luar biasa dan patut untuk dibanggakan, karena Serda Syamsuddin berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat, rela mengorbankan waktunya demi untuk memberikan pelatihan budidaya dan manfaat Ulat Maggot kepada masyarakat yang lain dan juga menjadi motivator bagi para Babinsa yang lain untuk  selalu tekun, belajar dan berusaha mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya,” ujar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menjelaskan fungsi pembinaan teritorial merupakan senjata yang ampuh untuk mengambil hati dan kepercayaan masyarakat. “Dengan sistem teritorial yang betul di lingkungan masyarakat maka memenangkan hati, pikiran dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap TNI akan bertambah serta dapat bersinergi dengan Pemda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat yang ada wilayah tersebut,” jelas Pangdam.

“Prestasi yang sudah didapatkan agar dilanjutkan bahkan bila perlu harus ditingkatkan sehingga menjadi lebih baik lagi,” harap mantan Danjen Kopassus tersebut.

Ulat Maggot atau ulat belatung merupakan sejenis larva yang berguna secara ekologis. Belatung sering dijual dan digunakan sebagai pakan ternak. Beberapa hewan budidaya seperti ikan, ayam, burung, dan bebek biasa memakan ulat belatung karena kaya kandungan protein. Budidaya Ulat Maggot jenis Black Soldier Fly (BSF) ini mulai populer saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. (Amrizal Abe)

 

0 Komentar

https://www.olg.link/