Banjir di Aceh Utara Surut, Sekolah Normal Kembali

Para siswa membersihkan lumpur sisa banjir di hari pertama sekolah setelah diliburkan akibat banjir. (Dok Antara)

Aceh Utara | Acehcorner.com – Banjir sepanjang sepekan di Kabupaten Aceh Utara akhirnya surut. Hari ini proses belajar mengajar di sekolah berlangsung normal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Aceh Utara, Jamaluddin, Senin (10/1/2022) menyebutkan, seluruh sekolah telah memulai proses belajar mengajar mulai hari ini 10 Januari 2022.

“Sejumlah sekolah di daerah yang mengalami banir sudah sekitar sepekan diliburkan karena terendam banjir. Hari ini kami pastikan sudah normal lagi, meskipun ada juga sebagian sekolah yang masih membersihkan lumpur sisa banjir hari ini karena banjirnya baru surut,” kata Jamaluddin.

Dia menyebutkan akibat banjir, sebagian besar mobile ruang kelas, kantor guru, alat peraga siswa, alat laboratorium, peralatan olahraga, seni budaya, media pendidikan, teknologi komputer juga rusak.

Dia berharap, pemerintah daerah dapat megalokasikan anggaran perbaikan dalam APBD Aceh Utara dan APBA Pemerintah Aceh.

“Kami juga laporkan kondisi ini ke Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. Untuk laporan internal di tingkat kabupaten saya sudah laporkan ke Pak Bupati dan Pak Sekda,” sebutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir merendam 15 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara sejak 1 Januari 2022. Tiga warga meninggal dunia. Sebanyak 41 ribu pengungsi dan puluhan sekolah terendam banjir. (DA)


0 Komentar

https://www.olg.link/