Puluhan Pengungsi Rohingnya Terombang-ambing di Perairan Bireuen

Evakuasi kapal dibantu oleh petugas gabungan TNI-Polri. Kapal pengungsi Rohingya ditarik dari tengah laut menuju pesisir Bayu, Aceh Utara, Aceh. (AP/Zik Maulana)

Bireuen | Acehcorner.com – Satu unit perahu kayu berisi puluhan warga Rohingya asal Myanmar terombang-ambing di perairan Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, sejak kemarin, Minggu (27/12/2021).

Keberadaan boat itu awalnya terlihat oleh nelayan yang sedang melaut sekitar 67 mil dari Kabupaten Bireuen. Lalu nelayan melaporkan kejadian tersebut ke Panglima Laot Bireuen.

“Setelah para nelayan melaporkan kepada saya tentang ada boat warga Rohingya yang terombang ambing di laut Saya langsung laporkan ke aparat keamanan. Lokasinya masih di perairan sekitar laut Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen,” kata Badruddin Panglima Laot Bireuen.

Sementara itu, Komandan TNI AL Lhokseumawe, Kolonel (Mar) Dian Suryansyah mengaku sudah menerima laporan terakit adanya nelayan yang melihat kapal berisi puluhan Rohingnya itu. Ia mengaku saat ini pihaknya sedang melakukan pencarian dengan menyisir perairan seputar Peudada.

“Sedang kita cari dan belum ketemu, kalau nanti ketemu kita akan bantu makanan dan logistik yang mereka butuhkan agar mereka dapat meneruskan perjalanan ke negara tujuan mereka,” sebutnya.

Sebelumnya, sebanyak 81 orang etnis Rohingya tiba di Pulau Idaman, Kuala Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, pada Kamis (03/06) malam. Aceh merupakan salah satu daerah yang paling sering menerima pengungsi Rohingya dalam beberap atahun terakhir. (DA)

 

0 Komentar

https://www.olg.link/