Banjir Kembali Rendam 4 Kecamatan di Aceh Utara, Ketinggian Air Mencapai Satu Setengah Meter

Santriwati salah satu pesantren sedang berjalan dalam genangan banjir yang menggenangi pesantren mereka di Gampong Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, Rabu (17/11/2021). (Dok BPBD Aceh Utara) 

Aceh Utara | Acehcorner.com – Hujan dengan intensitas tinggi ditambah dengan luapan air sungai Krueng Pirak dan Krueng Keureuto mengakibatkan empat kecamatan di Kabupaten Aceh Utara kembali terendam banjir  pada Rabu (17/11/2021). Ketinggian air di sejumlah titik mencapai satu setengah meter.

Empat kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Pirak Timu, Matang kuli, Tanah luas dan Paya Bakong. Banjir sudah mulai menggenangi pemukiman warga sejak kemarin.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Muzani, mengatakan ketinggian di permukiman warga bervariasi, ketinggian air mencapai 30 centimeter sampai 150 centimeter.

“Data yang kita terima dari anggota di lokasi, jumlah desa yang terendam sebanyak 30 desa, 217 rumah,” sebut Muzani.

Menurutnya saat ini petugas terus siaga dalam penanganan sementara, dan mempersiapkan evakuasi warga yang terjebak bajir jika sudah diperlukan.

Sejauh ini juga, warga masih enggan meninggalkan rumah masing- masing karena tidak mau meninggalkan rumah karena masih ingin menyelamatkan harta benda agar tidak di bawa arus banjir.

“Warga belum mau mengunsi, tapi jika sewaktu mereka membutuhkan bantuan akan sudah kita siapkan untuk evakuasi,” pungkas Muzani. (DA)

0 Komentar

https://www.olg.link/