Unimal Wisuda 367 Mahasiswa, 133 Cum Laude

Prosesi wisuda Universitas Malikussaleh (Unimal), Sabtu (2/10/2021) (Dok. Humas Unimal)

Lhokseumawe|Acehcorner.com - Universitas Malikussaleh (Unimal) mewisuda 367 mahasiswa program magister, profesi, sarjana dan program diploma di Kampus Uteunkot, Lhokseumawe, Sabtu (2/10/2021). Sebanyak 133 lulusan meraih predikat dengan pujian dalam wisuda Angkatan XXVI yang digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra ASEAN Eng, mengatakan prosesi wisuda dilaksanakan dengan penegakan protokol kesehatan secara ketat. Ia mengingatkan para wisudawan dan keluarga serta hadirin untuk menghindari kerumuman, baik dalam persiapan wisuda, dalam proses wisuda, maupun setelah wisuda selesai. “Agenda wisuda beberapa kali ditunda karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Lhokseumawe dan sekitarnya,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Rektor mengatakan wisuda kali menjadi momentum penting karena bertepatan dengan usia 20 tahun penegerian Universitas Malikussaleh atau milad 52 berdirinya kampus tersebut. Momentum lainnya adalah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan delapan gedung di Kampus Reuleut Universitas Malikussaleh, Ahad (3/10/2021.

“Peletakan batu pertama pembangunan delapan gedung baru tersebut dihadiri Dirjen Dikti Kemendikbud, Prof Nizam, mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” ujarnya.

Herman Fithra menambahkan, pembangunan rumah sakit perguruan tinggi negeri Universitas Malikussaleh juga akan dilaksanakan mulai tahun depan di Kampus Reuleut. Bukti dukungan Pemerintah Indonesia terhadap pembangunan rumah sakit Unimal, tahun ini Unimal menerima dokter spesialis sebanyak 50 orang.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, lanjut Herman, Universitas Malikussaleh terus berbenah dengan sejumlah capaian di berbagai bidang. Salah satunya adalah peringkat Webometric yang terakhir berada di 30 nasional atau peringkat 8 wilayah Barat atau 5 di pulau Sumatera untuk universitas negeri dan swasta.

Sebelumnya, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Jullimursyida PhD, menyebutkan prosesi wisuda digelar dalam dua sesi, yakni pagi dan sore untuk membatasi kerumuman. Dalam sesi pertama, wisudawan yang meraih predikat dengan pujian sebanyak 66 orang dan sesi kedua 67 lulusan.

Para wisudawan yang meraih predikat dengan pujian berasal dari Fakultas Teknik sebsanyak 32 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 31 wisudawan, Fakultas Kedokteran 28 wisudawan, Fakultas Pertanian 18 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 17 wisudawan, serta Fakultas Hukum 7 wisudawan. Dari 133 wisudawan yang meraih predikat dengan pujian, terdiri dari 21 laki-laki dan 46 perempuan.

Jullimursyida mengatakan, sejak dinegerikan pada 2001, jumlah alumni Universitas Malikussaleh semakin meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Peningkatan jumlah alumni tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah mahasiswa di Universitas Malikussaleh. “Tahun ini diterima sekitar 5.000 mahasiswa sehingga total jumlah mahasiswa sekitar 23.000,” ujar Jullimursyida.[DA]

 

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html