Pertamina Gelar Aksi Bersih Pantai dan Tanam Pohon di Aceh Utara

Pertamina bersama masyarakat dan mahasiswa menggelar aksi pembersihan Pantai Lancok, Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Senin (25/10/2021). (Dok Pertamina)

Lhokseumawe | Acehcorner.com - Pertamina Subholding Upstream Regional Sumatera Zona 1 bersama masyarakat dan mahasiswa menggelar aksi pembersihan Pantai Lancok yang berada di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, pada Senin 25 Oktober 2021. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 orang masyarakat pesisir Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara serta mahasiswa dari Universitas Malikul Saleh, Politeknik Negeri dan IAIN Lhokseumawe.

Selain membersihkan pantai, Pertamina bersama masyarakat dan mahasiswa juga melakukan penanaman pohon cemara di lokasi wisata Pantai Lancok serta memberikan santunan kepada anak yatim piatu di sekitar pantai tersebut. Kegiatan ini menjadi bukti komitmen Pertamina terhadap kepedulian lingkungan hidup serta kesejahteraan masyarakat pesisir.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua MPU (Majelis Permusyawaratan Ulama) Lhokseumawe, Tgk H. Abubakar Ismail, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Utara, Syarifuddin, Muspika Syamtalira Bayu, Field Manager PHE NSO, Dirasani Thaib, Field Manager Pangkalan Susu, Despredi Akbar, Head of Communication Relations & CID Zona I, Djulianto Tasmat, Relations, Panglima Laot Aceh Utara, Hamdani, serta Panglima Laut dari setiap Kecamatan di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Field Manager Pangkalan Susu, Despredi Akbar, mengatakan kegiatan pembersihan pantai ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap lingkungan sekitar. “Kegiatan bersih pantai serupa juga pernah kami lakukan di Aceh Timur dan Langsa. Kami berharap melalui kegiatan pembersihan pantai dan penanaman pohon seperti ini dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat akan kelestarian lingkungan. Bila pantai ini bersih dan hijau, pasti nantinya akan lebih banyak orang yang berkunjung ke pantai ini dan mampu meningkatan pendapatan masyarakat,” ujar Despredi.

Panglima Laot Aceh Utara, Hamdani, berharap dengan dilakukannya penanaman pohon cemara di pinggir pantai kedepannya dapat mengatasi abrasi. “Kita berdoa kepada Allah SWT, agar kegiatan penanaman pohon ini berhasil, sehingga nanti kedepannya kegiatan tersebut dapat kita sosialisasikan kepada masyarakat pesisir di daerah lain,” ungkap Hamdani.

Sedangkan Mahasiswa Universitas Malikussaleh, Abdul Rahman, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi Pertamina yang peduli pada pelestarian lingkungan. Ia menyarankan agar diadakan pelatihan atau edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan, saya dan teman-teman mahasiswa siap mendukung,” pungkas Abdul. (Ril)


 

0 Komentar

https://www.olg.link/