23 Tenaga Kesehatan RSUCM Aceh Utara Terpapar Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri

Perawat kesehatan pasien Covid-19 (Dok Ist)

Lhokseumawe | Acehcorner.com – Sebanyak 23 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Kabupaten Aceh Utara terpapar Covid-19. Mereka kini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Kepala Humas RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin, Rabu (14/9/2021) menyebutkan, seluruh tenaga kesehatan itu tidak memiliki gejala sesak nafas dan masih aman untuk isolasi mandiri di rumah. Meski begitu, tim dokter terus mengontrol kondisi mereka setiap hari per telepon.

Menurutnya, sejak awal pandemi Covid-19 hingga hari ini tercatat 117 tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut terpapar Covid-19. Sebanyak 94 diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan 23 masih menjalani isolasi mandiri.

Jalaluddin menjelaskan, saat ini, tercatat hanya enam pasien Covid-19 yang ditangani rumah sakit milik pemerintah Aceh Utara itu. “Namun untuk tenaga kesehatan yang terpapar, ini puncaknya. Terbanyak sepanjang pandemi terjadi,” kata Jalaluddin.

Selaimn itu Ia juga mengimbau kepada masyarakat umum untuk tetap berobat ke rumah sakit seperti biasanya. Namun harus patuh protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan duduk pada lokasi yang telah ditentukan sembari menunggu layanan dari dokter.

“Selama ini banyak beredar informai meyeatkan kalau ke rumah sakit akan dibilang Covid itu salah besar. Karena untuk ditetapkannya seseorang terpapar Covid itu berdasarkan hasil pemeriksaan rapid antigen dan PCR. Selain itu Lokasi gedung isolasi dan pinere itu jauh dari lokasi perawatan pasien umum. Sehingga kami pastikan aman, jadi jangan takut ke rumah sakit,” Kata Jalaluddin.

Sepanjang pandemi di tanah air, rumah sakit itu telah menangani pasien sebanyak 564 orang. Sebanyak 110 orang meninggal dunia. Rumah sakit itu memiliki sembilan tempat tidur untuk ruang ICU pasien Covid-19 dan 16 tempat tidur untuk pasien isolasi Covid-19. (DA)

0 Komentar

https://www.olg.link/