Keutamaan pada Hari Jumat: Membaca Shalawat Nabi SAW

Gambar Ilustrasi (Dok Ist)

Acehcorner.com - Syekh Imam Nawawi dalam bukunya Syarah dan Terjemah Riyadhus Shalihin jilid 2 mengungkapkan keutamaan membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat.

Ia lalu mengutip hadis Rasulullah SAW. Aus ibnu Aus ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Sesungguhnya hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat, maka perbanyaklah bershalawat kepadaku hari itu. Karena sesungguhnya shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.''

Aus Ibnu berkata, ''Kemudian para shahabat bertanya, ''Wahai Rasulullah, bagaimana shalawat kami akan disampaikan kepada Anda, sedangkan jasad Anda telah hancur?"

Beliau menjawab, ''Sesungguhnya Allah mengharamkan jasad para nabi bagi tanah.'' (Hadis riwayat Abu Dawud).

Melalui hadis tersebut, Imam Nawawi menerangkan keutamaan membaca shalawat di hari Jumat. Imam Nawawi juga menerangkan untuk memperbanyak amal shalih, di antaranya dengan bershalawat.

Imam Nawawi menjelaskan, shalawat merupakan persembahan kepada Nabi Muhammad SAW, lalu beliau akan bergembira dengan shalawat itu dan memintakan ridha Allah bagi orang yang bershalawat.

Melalui hadis tersebut, Imam Nawawi menerangkan jasad para nabi tidak dimakan tanah, akan tetapi tetap seperti pada waktu meninggal.

''Ruh Rasulullah SAW dikembalikan ke jasad beliau pada saat shawalat dan segala amal dipersembahkan kepada beliau,'' tulis Imam Nawawi. (Republika)

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html