Hasil Penelitian: ASI Bisa Cegah COVID-19


Jakarta | Acehcorner.com - Air susu ibu (ASI) ternyata dapat mencegah atau mengobati COVID-19, menurut sebuah studi baru oleh para ilmuwan China.

Sebuah tim peneliti di Beijing menguji efek ASI pada sel yang terpapar virus SARS-CoV-2. Susu yang diteliti dikumpulkan pada tahun 2017, jauh sebelum dimulainya pandemi, dan jenis sel yang diuji bervariasi dari sel ginjal hewan hingga sel paru-paru dan usus manusia yang masih muda. Hasil menunjukkan sebagian besar strain virus yang hidup dibunuh oleh susu.

"(ASI) memblokir virus masuk dan bahkan memblokir replikasinya setelah virus masuk," tulis tim yang dipimpin oleh Professor Tong Yigang dari Beijing University of Chemical Technology dalam dua makalah non-peer-review yang diposting di biorxiv.org.

Baca juga: Kasus Covid-19 Tambah 72 Orang di Aceh, Kesadaran Pakai Masker di Bawah Nasional

Menyusui sebelumnya dianggap meningkatkan risiko penularan virus. Di Wuhan, tempat virus pertama kali terdeteksi, bayi baru lahir dipisahkan dari ibu yang dites positif dan diberi makan secara eksklusif dengan formula, menurut laporan media China saat Februari silam.

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat juga memperingatkan bahwa bayi yang disusui oleh ibu yang dicurigai atau dipastikan membawa COVID-19 juga harus dilihat sebagai suspek carrier.

Dengan adanya studi terbaru tersebut, ini sejalan dengan sikap resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa ibu harus terus menyusui bahkan jika mereka mengidap COVID-19.

WHO pun memantau ibu dengan COVID-19 yang masih menyusui anak-anak mereka di beberapa negara hingga Juni. Gen virus terdeteksi dalam ASI tiga ibu tetapi tidak ada bukti infeksi. Hanya satu anak yang dinyatakan positif, meski begitu masih ada opsi penularan melalui media lain yang tidak bisa dikesampingkan. Demikian dikutip dari South China Morning Post (SCMP) seperti dilansir detikcom.

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html