Good News, Aceh Peringkat 8 Nasional Jumlah Siswa yang Lulus SBMPTN 2021

Ilustrasi ujian masuk perguruan tinggi (Dok istimewa)

Banda Aceh | Acehcorner.com - Provinsi Aceh berada pada posisi delapan terbanyak nasional meluluskan siswa-siswinya pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. Hal tersebut berdasarkan pengumuman terbaru dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Jumlah siswa-siswi Aceh yang mendaftar diri mengikuti SBMPTN tahun ini mencapai 16.767 peserta. Dari jumlah tersebut, 6.888 peserta atau 41 persennya dinyatakan lulus.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Eksekutif LTMPT, Mohammad Nasih dalam konferensi pers secara daring pada Senin (14/6/2021). Ada sepuluh provinsi dengan jumlah peserta terbanyak diterima pada SBMPTN 2021 yaitu Provinsi Jawa Timur menempati posisi pertama dengan jumlah 25.232 peserta, posisi kedua Jawa Barat 18.899 peserta, dan Jawa Tengah di posisi ketiga dengan peserta tes 16.104 orang. Selanjutnya, Sumatera Utara 14.331 peserta, DKI Jakarta 9.526 peserta, Sulawesi Selatan 9.372 peserta, Sumatera Barat 8.028 peserta, Aceh 6.888 peserta, Lampung 5.374 peserta, dan Sumatera Selatan 5.113 peserta.

Menanggapi kabar baik tersebut, Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pencapaian dan keberhasilan tersebut. Apresiasi itu ditujukan Nova kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan Aceh dan khususnya kepada warga sekolah yang terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, komite sekolah, dan orang tua murid.

“Apresisasi saya dan para pimpinan Pemerintah Aceh yang sebesar-besarnya untuk kinerja luar biasa semua pihak yang terlibat sehingga para siswa kita dapat lulus di perguruan tinggi negeri dengan jumlah yang fantastis. Terima kasih dan selamat atas kesuksesan adik-adik calon mahasiswa,” ujar Gubernur Aceh.

Selain melalui jalur SBMPTN, pemerintah juga membuka seleksi melalui jalur undangan atau lebih dikenal dengan istilah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Melalui jalur ini, Aceh juga masuk dalam sepuluh besar provinsi yang diterima di perguruan tinggi.

Menurut Mohammad Nasih, jumlah lulusan SMA sederajat dari Aceh yang telah diterima di perguruan tinggi negeri tahun ini adalah 12.514 orang.

0 Komentar

https://www.olg.link/