Gara-gara Pogba, Euro 2020 Setop Pajang Botol Alkohol di Depan Pemain Muslim

Paul Pogba berdo'a sebelum memulai pertandingan bersama Manchester United. (Dok. Ist)

Jakarta | Acehcorner.com - Penyelenggara Euro 2020 menyetop pemajangan botol alkohol di depan pemain bola muslim. Kebijakan ini menyikapi penolakan dari Paul Pogba.

Diberitakan Daily Mail yang dikutip detikcom, Pogba menyingkirkan botol minuman beralkohol Heineken pada sesi wawancara beberapa waktu lalu. Ia merupakan salah satu pesepak bola taat.

Bintang Prancis dan Manchester United, Pogba, yang adalah seorang Muslim yang taat, mengambil botol Heineken yang ada di depannya. Ia melakukannya di saat konferensi pers pasca-pertandingan 1-0 Prancis melawan Jerman Selasa lalu.

Baca juga: Kenapa Hungaria Bolehkan Warga Lepas Masker Saat Nonton Euro 2020?

Sekarang tim, manajer, dan pemain akan ditanyai sebelumnya apakah mereka akan menolak penempatan botol Heineken di podium Euro 2020. Tentu, alasan agama menjadi faktor utamanya.

Muslim dilarang mengonsumsi alkohol atau dikenal sebagai haram. Bagi kalangan umat Islam, Al-Qur'an mengatakan bahwa potensi dosa dari alkohol jauh lebih besar daripada manfaatnya.

Sikap Pogba terhadap salah satu sponsor minuman Euro 2020 menyusul insiden yang dilakukan oleh kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. Ia menyingkirkan botol Coca-Cola sebelum pertandingan pembukaan timnya melawan Hungaria.

Superstar dunia itu tampak kesal dengan penampakan minuman bersoda di depannnya. Ia lalu meletakkannya di satu sisi, sebelum berkata "minum air mineral!" ke kamera. Dia kemudian mengacungkan botol air dan meletakkannya di depan dirinya selama sisa wawancara Euro 2020.

Momen selanjutnya yakni striker Prancis Karim Benzema, yang juga muslim, tidak berhadapan dengan botol Heineken di depannya ketika berbicara kepada pers pada Rabu malam. Ia memenangkan penghargaan Bintang Pertandingan yang disponsori oleh Heineken saat melawan Portugal.

Namun pemain Real Madrid itu masih tetap berbicara di depan papan iklan dengan nama sponsor, serta trofi individu yang disponsori oleh Heineken.

UEFA memperingatkan para pemain bahwa mereka dapat didenda jika mereka terus menghindari sponsor dan minuman mereka pada konferensi pers Euro 2020.

Terlepas dari aturan baru, penyelenggara Euro telah memperjelas bahwa ada perbedaan antara menghilangkan minuman beralkohol atas dasar agama dan menghindari minuman bersoda. Karena, ada pendekatan pribadi terhadap kesehatan dan kebugaran.

Pogba pernah mengunjungi Mekah, tempat beribadah umat Islam dengan rekan senegaranya dan bintang Chelsea Kurt Zouma dua tahun lalu. Ia mengunggahnya di Instagram: 'Jangan pernah melupakan hal-hal penting dalam hidup".

Sedang Ronaldo, salah satu pesepakbola terhebat yang pernah ada di permainan ini. Ia terkenal sangat cerewet tentang pola makan dan olahraganya dan memperlihatkannya dalam Euro 2020.

 

0 Komentar

https://www.olg.link/