Euro 2020: Portugal vs Jerman, Der Panzer Kalahkan Juara Bertahan


Munich | Acehcorner.com – Laga sengit tersaji pada matchday kedua Grup F Euro 2020 di Stadion Allianz Arena, Munich, Jerman, Minggu (20/6/2021) dini hari WIB.

Timnas Jerman yang berada diujung tanduk usai takluk dari Perancis pada laga perdana, bermain dengan determinasi tinggi. Janji Joachim Loew untuk menerapkan permainan menyerang dengan serangan dahsyat betul-betul dibuktikan di kandang tim Bayern Muenchen tersebut.

Alhasil, Der Panzer sukses meraup poin penuh sekaligus menguak kembali peluang lolos ke babak berikutnya usai menyegel kemenangan 4-2. Ironi bagi Selecao das Quinas--julukan Timnas Portugal, dua dari empat gol yang bersarang di Rui Patricio berasal dari gol bunuh diri lini bawah sang juara bertahan. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Der Panzer lebih dulu mencetak gol.

Gol cepat Jerman terjadi pada menit ke-4.

Namun, gol itu dianulir wasit, Anthony Taylor (England). Keputusan itu menyusul handsball penyerang tengah tuan rumah, Thomas Muller, beberapa saat sebelum terjadinya gol. Gol untuk Der Panzer tercipta lewat sontekan Serge Gnabry yang memanfaatkan bola di sisi kanan gawang.

Baca juga: 

Beberapa menit kemudian, tepatnya menit ke-14, Cristiano Ronaldo menggetarkan gawang Manuel Neur. Gol dilesatkan melalui serangan balik cepat usai mematahkan tekanan tuan rumah Jerman. Usai menerima umpan jauh, Diogo Jota langsung menerobos ke lini pertahanan Jerman. Tak membuang waktu, Jota memilih memberikan umpan yang diakhiri sontekan Ronaldo.

Ini merupakan gol ketiga Ronaldo setelah sebelumnya mencetak sepasang gol ke gawang Timnas Hungaria di partai perdana. Sementara itu, timnas Jerman sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol penyeimbang tuan rumah ini datang dari bunuh diri pemain Portugal Ruben Diaz. Bermula dari umpan crossing dari sayap kiri, Joshua Kimmich kepada Robin Gosens. Umpan jauh tersebut langsung disambut tendangan voli Robin Gosens yang mengarah ke posisi Kai Havertz yang siap untuk membelokkannya ke gawang Portugal. Tapi sapuan Ruben Diaz yang menempel ketat Kai Havertz justru mengarah ke gawang Rui Patricio.

Tiga menit kemudian, kubu tuan rumah balik unggul menjadi 2-1.

Keunggulan Jerman dihasilkan melalui gol bunuh diri pemain bawah Portugal, Raphael Guerreiro. Gol ke gawang Patricio ketika sapuan Raphael Guerreiro tak sempurna. Tak ayal, penyelamatannya membuat bola malah meluncur keras ke gawang sendiri.

Baru 5 menit laga babak kedua, Portugal vs Jerman di Piala Eropa 2020 atau Euro 2020, publik tuan rumah kembali bersorak sorai. Timnas Jerman kembali mencetak gol hingga unggul sementara dengan skor 1-3.

Gol ketiga Der Panzer dicetak Kai Havert pada menit 50.

Robin Gosens kembali berperan dalam terciptanya gol ketiga Timnas Jerman. Berawal ketika ia berada di posisi tanpa pengawalan pemain Portugal, ia memberi umpang silang ke mulut gawan Patricio.

Umpan itu disambar dengan baik oleh Kai Havert. Beberapa menit kemudian, Timnas Jerman kembali membuat kejutan. Jika dua kali sebelumnya berperan memberi assist, kini Robin Gosens yang mencetak gol. Gol yang tercipta pada menit 60 berawal dari umpan lambung dari sektor kiri pertahanan Portugal. Gosens yang lepas dari pengawalan pemain bawah Portugal dengan mudah menanduk si kulit bundar ke gawang Rui Patricio.

Skor pun kembali berubah 1-4 untuk keunggulan tuan rumah.

Tak ingin jadi bulan-bulanan, Cristiano Ronaldo dkk mencoba bangkit mengejar ketinggalan. Asa menyamakan kedudukan terbuka saat sang juara bertahan berhasil mencetak gol kedua. Gol kedua Portugal tersebut dicetak pemain Liverpool, Diogo Jota pada menit 66.

Gol ini bermula dari umpan tendangan bebas yang mengarah ke mulut gawang Manuel Neur. Bola ke tiang jauh itu disambut Cristiano Ronaldo dengan tendangan setengah voli ke gawang Timnas Jerman. Diogo Jota yang berdiri bebas dengan keras menyambut umpan Cristiano Ronaldo itu untuk mengoyak gawang Manuel Neur.

Portugal punya peluang memperkecil ketinggalan lewat canon ball Renato Sanchez. Tapi tendangan keras Sanchez ke gawang Manuel Neur itu masih tertahan di tiang gawang.

Tak ada lagi gol tercipta di sisa waktu pertandingan meski kedua tim masih terus saling serang. Dengan kemenangan ini, maka Timnas Jerman kembali membuka asa untuk lolos ke babak berikutnya. Der Panzer kini meraup poin tiga, sama seperti yang sudah dibukukan Portugal berkat kemenangan 3-0 atas Hungaria pada laga perdananya.

Sedangkan juara Grup F masih dikuasai Perancis yang pada pertandingan sebelumnya ditahan imbang 1-1 oleh Hungaria.

 

 

0 Komentar

https://www.olg.link/