Amankan Dompet Bitcoin, Begini Caranya

 

Sumber: cdn.invictuscapital.com

ACEHCORNER.COM - Bitcoin merupakan mata uang baru atau disebut juga uang elektronik yang diciptakan sekitar tahun 2009 oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto, seperti dilansir dari Investopedia.com. Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank.

Tidak seperti mata uang pada umumnya, Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan peer to peer (P2P) ke jurnal transaksi.

Dompet Bitcoin.

Dompet Bitcoin (Bitcoin wallet) adalah sofware maupun hardware yang berfungsi sebagai tool pengelolaan hak akses yang mutlah atas kepemilikan Bitcoin.

Ada dua jenis dompet mata uang kripto yaitu Dompet fisik dengan perangkat keras seperti stik drive USB dan Dompet Digital.

Bagaimana melindung Dompet Bitcoin anda ?

CBC menyebutkan ada beragam penipuan yang terjadi di Cryptocurrency dengan bergam modus berbeda.

Yang palin sering terjadi, seorang peretas akan mendapat iformasi login pemilik Bitcoin, akan tetapi mereka harus dua metode otentifikasi. biasana kode atau nomor otentifikasi dikirim melau pesan singkat atau Short Message Service (SMS) telepon seluler pemilik Bitcoin. oleh karena itu jangan pernah memberikan kode ini kepada siapapun terlebih kalau pemilik tidak merasa pernah memintanya.

Jika kita ingin memambahkan pengamanan pada dompet Bitcoin, maka pemilik pemili Bitcoin dapat menggunakan aplikasi Yubikey.

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan keamanan Yubico, dimana perusahaan ini membuat perangkat keras yang dapat disambungkan ke perangkat anda.

Ada baiknya pemilik Bitcoin tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun yang dimilikinya.

Banyak modus yang selama ini digunakan peretas, misal menggunakan pesan melalui Twitter yang mengatakan uang kripto anda naik dua kali lipat. " jika terlalu bagus menjadi kenyataan, itu pasti(modus pencurian)" kata Chief Security Officer Coinbase Philip Martin.

Kemudian, jangan percaya juga apabila ada yang menawarkan untuk mengunduh perangkat lunak Anda. Teknik ini juga sering peretas gunakan untuk mencuri bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

0 Komentar

https://www.olg.link/