Kerjasama Jaguar dan Google untuk menggunakan Mobil Jaguar I-Pace EV

Foto: slashgear.com, Mobil Jaguar I-Pace 

acehcorner.com – Mobil yang digunakan oleh tim Google Maps untuk keperluan fitur Street View di Indonesia menjadi viral baru-baru ini, mobil tersebut tertangkap kamera sedang terperosok ke sawah.

Roda depan bagian kiri kendaraan jenis Honda HR-V itu terlihat keluar dari jalur tanah, dan masuk ke area persawahan. Peristiwa ini aceh dikabarkan terjadi di Desa Sumberjaya, Kecamatan tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Belakangan ada kejadian viral lainnya dan jadi sorotan media di beberapa negara di dunia, namun bukan karena terperosok atau kejadian lainnya.

Dilansir acehcorner.com dari laman Theverge, Jumat 28 Mei 2021, Google menjalin kerja sama dengan grup Jaguar Land Rover untuk menggunakan mobil yang ramah lingkungan sebagai operasional tim Street View.

Kendaraan yang dimaksud adalah Jaguar I-Pace dengan penggerak energi listrik. Ini adalah upaya perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu, untuk aktif mengurangi emisi karbon yang selama ini jadi permasalahan di berbagai negara pada tahun 2039. 

Teknologi yang dipasang pada kendaraan akan memungkinkan I-Pace untuk mengukur kualitas udara Street-by-Street di Dublin, termasuk emisi nitrogen dioksida dan karbon dioksida bersama dengan partikel halus. Data yang dikumpulkan oleh kendaraan saat mengendarai jalanan juga akan memperbarui Google Maps untuk pengguna di area tersebut.

Menjadi SUV listrik pertama buatan Eropa, I-Pace yang diluncurkan secara perdana pada 2018 pernah memenangkan 62 penghargaan internasional.

Penggeraknya berasal dari dua motor listrik, yang total bisa menghasilkan 400 daya kuda serta torsi 696 Newton meter. Dalam kondisi baterai penuh, mobil ini bisa menempuh jarak lebih dari 400 kilometer. Harga jualnya saat ini US$70 ribu atau sekitar Rp1 miliar.

0 Komentar

https://www.olg.link/