Hore! Sirkuit Mandalika Indonesia Masuk Kalender MotoGP 2022

Sirkuit Mandalika Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, sedang dalam proses pembangunan. (Dok Facebook)

Jakarta | Acehcorner.com - Speedweek mempublikasi bocoran kalender balap sementara MotoGP 2022. Indonesia akhirnya masuk ke kalender ajang balap motor paling bergengsi tersebut. MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal digelar di awal musim.

Speedweek menyebut jadwal sementara MotoGP 2022 baru akan secara resmi dirilis pada akhir September ini. Namun mereka mengklaim dapat bocorannya secara eksklusif. Dalam daftar kalender itu, Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP 2022 pada awal musim.

Kalender MotoGP untuk musim 2022 menjadi 21 seri. Kalender MotoGP 2022 mirip seperti rencana awal jadwal MotoGP 2021, tapi ada tambahan MotoGP Indonesia di Mandalika Street Circuit serta Kymi Ring, Finlandia.

MotoGP musim depan dimulai pada 6 Maret 2022 di Sirkuit Losail, Qatar. Kemudian MotoGP Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2022 seri kedua. Kalender tersebut menyebutkan MotoGP Indonesia di Mandalika akan digelar antara tanggal 13 Maret atau 20 Maret.

Dari Indonesia, MotoGP beralih ke Amerika, ada MotoGP Argentina di tanggal 3 April 2022 dan beralih ke Texas, Amerika pada 10 April 2022. Tur di Eropa kemudian dimulai dari 24 April di Portimao, Portugal.

Urutan dan tanggal acara di luar Eropa masih dapat berubah. dan jika infeksi COVID-19 menyebabkan pembatalan balapan di Asia seperti 2020 dan 2021, maka akan diadakan dua kali MotoGP di satu sirkuit di Eropa.

Berikut kalender sementara MotoGP 2022 seperti dikutip Speedweek:

06 Maret: Sirkuit Losail/Qatar

13 atau 20 Maret: Sirkuit Jalan Raya Mandalika/Indonesia

03 April: Termas de Río Hondo/Argentina

10 April: Sirkuit Amerika/Texas

24 April: Portimão/Portugal

01 Mei : Jerez/Spanyol

15 Mei: Le Mans/Prancis

29 Mei: Mugello /Italia

5 Juni: Catalunya/Spanyol

19 Juni: Sachsenring/Jerman

26 Juni: Assen/Belanda

10 Juli: KymiRing/Finlandia

07 Agustus : Silverstone/Inggris

21 Agustus: Red Bull Ring/Austria

11 September: MotorLand Aragón/Spanyol

18 September: Misano/Italia

02 Oktober: Motegi/Jepang

09 Oktober: Buriram/Thailand

23 Oktober: Pulau Phillip/Australia

30 Oktober: Sepang/Malaysia

13 November: Valencia/Spanyol.

Sebelumnya, MotoGP juga telah merilis jadwal resmi tes pramusim untuk tahun depan. Di dalamnya terdapat Sirkuit Mandalika sebagai salah satu venue test pramusim.

Ada dua kali tes pramusim yang direncanakan oleh Dorna Sports dan MotoGP untuk mengawali musim 2022. Pertama akan digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, lalu tes kedua dilanjutkan di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Pramusim MotoGP 2022 rencananya akan digelar pada Februari tahun depan.

Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication MGPA (Mandalika Grandprix Association) mengatakan, hadirnya tes pramusim MotoGP menunjukan bahwa sebuah capaian yang tinggi dan telah diberi kepercayaan penuh untuk menggunakan Sirkuit Mandalika.

"Tes pramusim adalah sebuah kepercayaan yang tinggi pada pencapaian standarisasi dari sebuah sirkuit MotoGP yang sangat detail," kata Happy saat dihubungi detikcom, Sabtu (28/8/2021).

"Kami merasa ini sesuatu hal yang membanggakan bagi Indonesia dan sebuah kehormatan bagi kita Mandalika dijadikan sirkuit untuk bisa melakukan uji coba atau tes pramusim MotoGP 2022," ungkapnya. (Detik)

 

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html